Home » , , , » Jambu Biji & Jambu Merah Untuk Demam Berdarah

Jambu Biji & Jambu Merah Untuk Demam Berdarah

Written By udechi on Rabu, 07 Oktober 2009 | 09.06


Rasa buah asal Amerika Selatan ini memang sangat menggoda. Sayang , bijinya seringkali mengganggu. Meski demikian, jambu biji mengandung banyak zat bermanfaat.

Secara klinis, sudah terbukti bahwa buah bernama latin psidium guajava ini banyak mengandung vitamin A, C, Mineral dan zat-zat lain yang diperlukan tubuh.

Secara kimia terbukti bahwa buah, daun dan kulit batang pohon jambu biji mengandung tannin. Daun jambu biji juga mengandung berbagai asam, seperti asam ursolat, psidiolat,kratogolat, oleonolat, guajaverin.


Jambu biji juga kaya akan fiber yang diketahui membantu mencegah kanker saluran cerna dan menurunkan kolesterol. Kandungan vitamin C dalam buah ini lima kali lebih banyak disbanding jeruk. Vitamin ini terkonsentrasi [pada kulit dan daging bagian luar yang lunak dan tebal. Kandungan vitamin C dalam jambu biji sanggup memenuhi kebutuhan harian anak berusia 13 – 20 tahun yang mencapai 80 – 100 mg per hari serta orang dewasa yang mencapai 70 – 75 mg per hari.

JAMBU MERAH dan DEMAM BERDARAH

Tak hanya buah, daun jambu biji juga sering dimanfaatkan sebagai tanaman obat . Kini, tengah dikembangkan jus daun jambu sebagai pencegah demam berdarah. Dari hasil penelitian dan pengujian yang dilakukan FK-UI, Fakultas Farmasi UNAIR Surabaya, dan BPOM, dilaporkan bahwa ekstrak daun jambu biji bisa menghambat virus Dengue, penyebab DBD.

Meski baru bersifat pengujian pre-klinik, bahan itu juga mampu meningkatkan jumlah trombosit hingga 100 ribu millimeter per kubik tanpa efek samping.

Hal ini tentu kabar baik bagi pengobatan DBD, mengingat sampai saat ini memang belum ditemukan obat spesifik demam berdarah (DBD). Selama ini pola pengobatan terhadap penyakit ini hanya bersifat pendukung. Oleh sebab itu diharapkan ekstrak daun jambu biji ini dapat dijadikan obat antivirus Dengue.

Hasil pengujian ini akan dilaporkan ke Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk uji klinik lebih lanjut. Bila hasilnya positif, ada kemungkinan ekstrak daun jambu ini akan menjadi suplemen dalam mengobati DBD.

JAMBU BIJI untuk DBD

Ramuan-1

Cuci bersih 3 jambu biji matang dan mengkal. Kemudian, jambu yang sudah matang di blender sampai halus, lalu disaring sehingga diperoleh jus jambu biji.

Jus jambu ini diminum 3 x sehari sampai DBD sembuh. Untuk buah yang mengkal, dapat langsung dimakan bersama kulitnya. Biji buah jangan ikut dimakan (dapat menyebabkan usu buntu)

Ramuan-2

Cuci dan bersihkan 1 kg daun jambu biji segar, kemudian potong kecil-kecil (dirajang). Blender potongan daun tersebut dengan air secukupnya hingga halus, sarin dan endapkan sehingga ekstrak daun terpisah dengan air. Oven ekstrak daun tersebut agar tahan lama.

Cara pemakaian :

1. Masukkan ekstrak kedalam kapsul, lalu minum 2x sehari, setiap pagi dan sore.
2. Minum ekstrak daun bersama sirup jambu biji dengan takaran 1 sendok teh untuk ½ liter sirup yang diencerkan. Minum secara teratur sampai sembuh.

tyashardjanti.multiply.com

3 komentar:

  1. Makasih ya udechi. Aku ambil ya artikel ini, buat kerja kelompok d skul. hehe. salam kenal ya!

    BalasHapus
  2. ALHAMDULILLAH TERIMA KASIH ILMUNYA Y SEMOGA MENDAPATKAN PAHALA AMINNN

    BalasHapus