Khasiat Asam Jawa untuk Obat


Asam jawa atau dalam istilah latinnya Tamarindus Indica banyak digunakan dalam masakan, minuman dan juga obat-obatan alami. Yang dimanfaatkan biasanya buah matang. Anda bisa membeli yang sudah dikupas dan dibuang bijinya. Pilih yang berwarna terang dan tidak ditumbuhi kapang (jamur putih). Jika digunakan sebagai obat luar, gunakan asam kawak yaitu asam jawa yang berwarna hitam.



Khasiat dan Manfaat Asam Jawa

Selain digunakan sebagai penambah rasa dalam masakan, asam jawa juga mempunyai khasiat dan manfaat sebagai berikut:

*
Menambah nafsu makan
*
Pencahar ringan
*
Menyejukkan badan dan menurunkan demam.
*
Sebagai obat luar, asam jawa dipakai menapal radang kulit/memar untuk mempercepat penyembuhan.



Pengobatan di Rumah dengan Asam Jawa

Cara menggunakan asam jawa sebagau pengobatan di rumah cukup mudah, yaitu dengan;

*
Berkumur dengan air asam jawa setiap dua jam membantu menyembuhkan sariawan. Lakukan lebih sering jika sariawan sudah sangat mengganggu. Seduh asam jawa dengan air mendidih, saring setelah dingin. Perbaiki gizi makanan sehari-hari. Makan buah-buahan lebih banyak, pilih berat berkulit ari (beras tumbuk/slip kasar) dan roti dari tepung gandum untuh (whole wheat).
*
Seduh 1 sendok makan asam jawa dengan 1 gelas air mendidih. Bubuhi 1/4 sendok teh garam, bisa ditambah dengan gula/madu agar lebih nikmat, aduk, lalu tutup. Diamkan hingga suam-suam kuku, saring lalu minum. Untuk mengobati campak, menurunkan demam sambil mengeluarkan keringat, mengatasi sembelit, menghilangkan gatal-gatal karena alergi, bisa diminum hangat maupun sejuk (setelah disimpan dalam lemari es) sebagai minuman penyegar dan penambah nafsu makan.
*
Haid tidak lancar dan nyeri dapat diatasi dengan minum sari asam yang dibubuhi dengan sari perasan kunyit parut. Minum setiap pagi dan sore 1/2 gelas air asam, seminggu menjelang haid. Setelah haid , hentikan minum sari asam.
*
Untuk mengobati jerawat, bisul, eksim, borok, dan radang karena keseleo, oleskan param asam. Buat dari 100 gram asam jawa dan 1/2 sendoh teh garam, bubuhi sedikit air masak, remes-remes hingga menjadi bubur pekat. Ramuan bisa pula ditapalkan, lalu dibungkus dengan kain/perban. Param asam bisa juga digunakan untuk menghilangkan rasa capek.



Satu hal yang perlu mendapatkan perhatian adalah Wanita hamil, terutama yang sedang hamil muda (usia kandungan kurang dari tiga bulan), dilarang meminum ramuan asam jawa karena dapat mengakibatkan keguguran.

sumber:sweetspearls.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Khasiat Asam Jawa untuk Obat"

Posting Komentar