Khasiat Buah Salak

Written By Wike Furyandi on Rabu, 09 Maret 2011 | 10.32

Manfaat buah salak bagi kesehatan buah salak memang sangat bermanfaat bagi kesehatan salah satu manfaat buah salak bagi kesehatan adalah untuk kesehatan mata, menurut dr. Hendrawan Nadesul, perawatan mata seyogyianya sudah dimulai sejak kecil. Bahkan sejak masih dalam kandungan. Bagaimana ibu sewaktu hamil mencegah infeksi toxoplasmosis agar bayi yang dikandung tidak cacat pertumbuhan retina bola matanya. Sudahkah kita menerapkan kebiasaan membaca dengan baik dan benar? Ingat pelajaran waktu sekolah dasar, kita diminta ibu/bapak guru membaca dengan jarak sepenggaris dari buku yang kita baca dengan penerangan 60 watt dari arah belakang atau samping.

Vitamin yang digunakan memelihara dan menjaga kesehatan mata adalah vitamin A. saat kita sekolah guru-guru kita selalu menganjurkan banyak makan wortel untuk memenuhi kebutuhan vitamin A. Sedangkan dr. Pericone menganjurkan untuk menghindari wortel dalam diet untuk bebas kerut karena menurut dia banyaknya makanan yang tinggi kandungan vitamin A (seperti karoten) dapat menimbulkan respon peradangan sebagai akibat kandungan gula yang tinggi. Nach bagi yang berkacamata saat sedang berusaha mengurangi kerut alias usaha awet muda ya sebaiknya mengganti wortel dengan jus salak.

Mengkonsumsi banyak wortel sebagai sumber vitamin A terbanyak, atau menambah ekstra minum vitamin A tidaklah menyembuhkan rabun jauh. Ketajaman mata tidak terkoreksi dengan pemberian vitamin A. vitamin A pada mata hanya menambah ketajaman dalam melihat terang dan gelap (rabun senja). Dr. Hendrawan juga mengatakan bahwa letak gangguan kelainan rabun jauh bukanlah di retina tetapi di garis sumbu mata yang memendek, sehingga obatnya adalah kacamata. Sebagaimana kasus pada kolegaku, pemakaian kacamata bisa dihilangkan karena minusnya masih sedikit (1/4), mungkin kalau sudah terlanjur banyak, kacamata adalah obatnya.

Penelitian terbaru yang disampaikan oleh Nurfi Afriansyah, MSc dari Pusat Litbang Gizi dan Makanan Departemen kesehatan RI sebagaimana ditulis dalam tabloid gaya hidup sehat menyatakan bahwa kandungan betakaroten dalam 100 gram salak kurang lebih 5,5kali lebih banyak dibanding mangga, 3kali dibandingkan jambu biji dan 5kali semangka merah. Sayang tidak disebutkan berapa kalinya wortel.

Nach kenapa tidak mengganti jus wortel tomat yang selama ini selalu dipesan di restauran atau dibuat dirumah dengan jus salak campur mangga yang sekarang lagi musim. Atau silahkan bereksperimen dengan campuran berbagai macam buah yang ada. Negeri kita tercinta menyediakan ragam buah yang menggoda untuk dicampur dengan salak. Saya membiasakan diri membuat jus dengan 5 jenis buah untuk memenuhi kebutuhan 5 porsi buah per hari.

Untuk mengurangi kekhawatiran tidak atau kesulitan BAB, jangan lupa untuk memakan atau membuat jus salak dengan kulit arinya. Tidak menguliti salak sampai bersih, karena kulit ari ini yang dipercaya bisa mengatasi kesulitan BAB jika memakan banyak buah salak atau minum banyak jus salak. Ayo kita berekpserimen dengan jus salak untuk merawat mata kita. Semoga badan kita sehat dan kesehatan mata kita juga terjaga semoga informasi tentang manfaat salak ini dapat membatu, demikianlah

2 komentar:

  1. Bagus! Saya mengapresasi usaha Anda dalam memperkenalkan manfaat tanaman atau buah sebagai obat. Hal ini adalah salah satu upaya untuk melepaskan saudara kita dari ketergantungan obat kimia. Dengan usaha yang Anda lakukan itu mudah-mudahan saudara-saudara kita tidak dipermainkan oleh mahalnya harga obat kimia. Yang lebih penting lagi usaha Anda akan dapat meningkatkan kualitas hidup suadara-saudara kita. Uang yang seharunya untuk membeli obat dapat digunakan untuk kebutuhan yang lain. Sukses untuk Anda!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks atas infonya yah sangat berguna sekali

      Hapus