Khasiat Buah Ceri

Written By Wike Furyandi on Senin, 18 Juli 2011 | 11.59


Ceri adalah sejenis tumbuhan dan buahnya yang berasal dari genus prunus. Ada berbagai spesies ceri, diantaranya P. cerasus, P. avium, P. emarginata, dan lain - lain. Di Australia ceri biasanya matang sekitar waktu Natal, di Amerika dan Eropa Selatan bulan Juni.

Produksi diseluruh dunia saat ini 3 juta ton per tahun. Selain itu bunga ceri juga dijadikan hiasan. Buah ceri mengandung anthocyanin, yaitu pigmen warna merah yang baik untuk kesehatan karena merupakan antioksidan. Dijelaskan pula anthocyanin memiliki efek yang lebih bagus dibandingkan dengan aspirin sebagai obat pencegah rasa sakit. Tetapi ceri tidak boleh diolah dengan suhu terlalu panas karena bisa menghilangkan anthocyanin yang dikandungnya. Selain itu bagi mereka yang memiliki gangguan pencernaan harus hati - hati karena ceri mengandung zat asam yang juga tinggi.

Selain sebagai tanaman obat, pohon antipikun ini juga ditanam sebagai penghias taman. Didaerah beriklim empat, saat yang paling cantik dari penampilan pohon itu ialah akhir musim gugur, ketika daunnya yang hijau berubah kuning mentega yang cemerlang.

Keindahannya memang sebentar, karena daun itu segera gugur. Tetapi pertumbuhannya yang penuh, dan lebih leluasa. Di Amerika dikembangkan varietas yang tumbuh tegak, untuk ditanam sebagai penghias tepi jalan. Tetapi yang lebih indah sebenarnya varietas yang tumbuh melebar, atau yang daunnya menggelantung lebih luwes.

Buah - buahan terbagi dalam dua sifat yaitu panas dan dingin. Dan buah ceri ini termasuk buah - buahan bersifat panas termasuk buah leci, persik, lengkeng, delima, buah ceri, kelapa, durian dan apricot. Buah - buahan jenis tersebut cocok untuk kelompok yang staminanya bersifat dingin, mereka kekurangan energi vital, tingkat metabolisme dasarnya rendah, kalori yang dhasilkan tubuh sedikit, sehingga kaki tangan mereka merasa dingin biarpun dihawa panas.

Manfaatnya

Selain berfungsi sebagai tanaman hias buah ceri bisa digunakan sebagai obat, salah satunya :

* Bagi anak yang sedang demam atau mengalami radang pada organ tubuhnya tidak boleh mengkonsumsi buah - buahan bersifat panas. Misalnya blewa, semangka, buah pier, pisang, buah kiwi, mangga, kesemek.
* Selain itu buah ceri dapat melindungi kesehatan jantung.
* Dalam sejumlah besar kondisi, mudah merasa lelah berhubungan dengan berkurangnya kandungan besi dalam darah, kurangnya pasokan oksigen dan tidak lancarnya peredaran darah. Dengan mengonsumsi buah ceri dapat memenuhi zat besi, mencegah hanyutnya zat besi, sekaligus memperbaiki peredaran darah, membantu melawan lelah.
* Dengan kandungan anthocyanin, ceri juga bisa menyembuhkan penyakit rematik.
* Membantu mengurangkan sakit radang tenggorokan.
* Mengandung serat, vitamin A dan C. (Lezat/Dv)


"Di Indonesia secara tradisional buah kersen digunakan untuk mengobati asam urat dengan cara mengkonsumsi buah kersen sebayak 9 butir 3 kali sehari dan terbukti dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan dari penyakit asam urat," ungkapnya seraya menambahkan, rebusan daun kersen juga memiliki khasiat anti radang dan menurunkan panas bahkan kandungan dan rebusan daun kersen ternyata dapat berkhasiat sebagai pembunuh mikroba berbahaya dan dapat digunakan sebagai anti septik.

Cara Membuat

Cara membuat sirup kersen. Bahan-bahannya meliputi buah kersen masak, air, gula putih, kayu manis, garam, vanilla, pewarna makanan dan alat yang digunakan adalah ember, panci, penumbuk (cobek), saringan dan botol untuk mengemas.

Buah Kersen dipilih yang sudah matang (berwarna merah) lalu dicuci hingga bersih. Daging buah kersen dipisahkan dari kulitnya dengan cara di tumbuk lalu direbus dengan perbandingan 1 bagian air dengan 3 bagian kersen. (1:3).

Kersen lalu dicampur dengan gula dengan perbandingan 1:2 beserta vanilla, garam, dan kayu manis secukupnya sampai mendidih dan harus terus diaduk. Setelah mendidih sirup kersen disaring untuk menghilangkan ampas dan diberi pewarna agar lebih menarik dan dikemas dalam botol.



Dikemukakan, kebanyakan produk di masyarakat seperti halnya sirup yang telah ada, pada umumnya hanya memberikan rasa dan kesegaran saja saat meminumnya, dan tidak mempunyai kelebihan atau manfaat bagi kesehatan khususnya.

Oleh karena itu produk olahan kersen itu nantinya dapat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya untuk kesehatan tubuh karena terkait dengan khasiat yang dimiliki oleh kersen yaitu dapat mengobati asam urat. (berbagai sumber)

5 komentar:

  1. kunjungan pertama sob..waduh blognya keren nih, banyak ilmu tentang buah"an..moga aja bermanfaat nih semua artikelnya

    sukses yah ^^

    BalasHapus
  2. Trims... artikelnya sangat bermanfaat karena dilengkapi dengan gambar dan cara pembuatannya

    BalasHapus
  3. blog nya boleh ditiru desainnya nih

    BalasHapus
  4. Bagus sekali dan sangat bermanfaat,... trima kasih ilmu yg diberikan ya, semoga menjadi amal,...amin...

    BalasHapus
  5. keren gan infonya , salam kenal . jangan lupa berkunjung juga ke blog ane :)

    BalasHapus