Khasiat Buah Cermai

Written By Si Jenggot on Selasa, 12 Juli 2011 | 13.22


Buah cermai (Phyllanthus acidus) merupakan tanaman buah berbentuk pohon kecil yang tingginya bisa mencapai 10 meter kadang lebih. Pohon ini dapat tumbuh pada tanah ringan sampai berat, dan tahan terhadap kekurangan atau kelebihan air. Biasanya cermai banyak ditanam orang di halaman rumah atau di ladang. Cermai dapat dimakan segar dengan dicampur gula, garam atau dirujak. Cermai juga kerap dibuat manisan, direbus (disetup) atau dibuat minuman penyegar. Daun mudanya dapat digunakan sebagai lalap. Cermai juga memiliki khasiat untuk mengobati beberapa penyakit seperti, batuk berdahak, mual, kanker, sariawan, menguruskan badan, asma, sembelit, sakit kulit, mual akibat perut kotar.

Bagian yang digunakan untuk pengobatan:

* Daun; digunakan untuk mengobati batuk berdahak, mual, kanker, sariawan dan menguruskan badan.
* Kulit akar; asma dan sakit kulit.
* Biji; sembelit dan mual akibat perut kotor.

Beberapa cara penggunaan cermai untuk pengobatan:

Sembelit

Siapkan biji cermai sebanyak 3/4 sendok teh, dicuci lalu digiling sampai halus. Seduh dengan 1/2 cangkir air panas. Sewaktu masih hangat tambahkan 1 sendok makan madu, aduk smapai merata kemudian diminum sekaligus. Lakukan 2 kali sehari.

Siapkan daun cermai segar sebanyak 3 gram, dicuci lalu ditumbuk jalus. Seduh dengan 1/2 gelas air panas, lalu didinginkan. hasil seduhan diminum sekaligus bersama ampasnya.

Asma

Ambil 6 biji buah cermai, bawang merah 2 butir, akar kara (Dolichos lablab) 1/4 genggam, 8 butir buah lengkeng, dicuci lalu ditumbuk seperlunya. Bahan-bahan tersebut lalu direbus dengan 2 gelas air bersih sampai tersisah 1 1/2 gelas. setelah dingin disaring, lalu diminum dengan air gula secukupnya. Sehati 2 kali, masing-masing 3/4 gelas.

Kanker

Siapkan daun cermai yang masih muda sebanyak 1/4 genggam, daun belimbing 1/3 genggam, bidara upas 1/2 jari, gadung cina 1/2 jari, gulau enau 3 jari, dicuci lalu dipotong-potong seperlunya. Bahan-bahan tadi lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tertinggal 3/4 bagian. Setelah dingin disaring, siap untuk diminum. Sehari 3 kali, masing-masing cukup 3/4 gelas.

Melangsingkan badan

Minum air rebusan daun cermai. Obat ini bekerja kuat, jangan mengkonsumsi dalam jangka waktu lama karena efek dari kandungan daun cermai bekerja sangat kuat. Gunakan sesekali saja.

CATATAN : Cairan akar beracun. Sebaiknya tidak menggunakan akar cermai untuk pengobatan.(meraihsehat.com)

16 komentar:

  1. wah ternyata buah cermai banyak juga khasiatnya....yg jadi pertanyaanku apa bole dkonsumsi anak" utk anak yg agak gemuk? soalnya anakku agak gemuk thank u ^^

    BalasHapus
  2. kebetulan deket rumahku ada pohon cermai, bisa dimanfaatin ya kalo gitu....apalagi bisa melangsingkan tubuh....gara" suka makan"an yg manis badan jadi melar deh....

    BalasHapus
  3. gara" suka ngemil dan jarang makan makanan berserat aku jadi suka sembelit dan aku mau coba resep pakai buah cermai ini ah....kan yg alami lebi bagus drpd yg pake bahan" kimiawi

    BalasHapus
  4. Haaaa??? serius loh baru tau kalau ceremai banyak fungsinya ^^
    Padahal dulu waktu kecil ada pohonnya tuh di rumah. yang aku inget cuma buahnya yang aseeemmm...
    karena alami gitu brati juga bisa untuk anakyang sembelit yah

    BalasHapus
  5. keren juga nih buah, bisa buat asmaku nih, cuma cari akar kara dimana yah? Nyangkain selama ini cermei buat manisan aja, klo itu aku kurang suka, soalnya maniiis

    BalasHapus
  6. wah boleh dicoba neh, soalnya anakku sering sembelit, bahkan sampai berdarah klo pup. Gara2nya suka ngemil2 makanan yg banyak gula tambahan, tp jarang makan buag dan sayur, minumnya juga dikit...

    BalasHapus
  7. owh.. baru tau khasiat buah cermai..
    tapi masa mo dijadiin cemilan anak?
    mending kasih yang lebih familiar sama anak deh..
    stauku cermai itu asem kan?

    BalasHapus
  8. loh emangnya makan makanan yg banyak gulanya bisa bikin sembelit ya bunda?

    BalasHapus
  9. wah makasih loh infonya.. bisa diinfoin nih ke sepupuku, anaknya asma kasian..

    BalasHapus
  10. wah aku jg baru tau kalo khasiat buah cermai sampe segitunya ya? nice info nih.. tq..

    BalasHapus
  11. ternyata banyak ya manfaatnya buah cermai..
    resep yg buat melangsingkan badan kayaknya bakal aku coba deh biar aku bisa lebih langsing..hehe..
    tapi kalau balita yg kelebihan berat badan,gimana ya cara mengatasinya..?

    BalasHapus
  12. kalau untuk balita yg kelebihan berat badan sebaiknya coba dibatasi asupan gulanya bunda..soalnya kelebihan konsumsi gula itu bisa membuat berat badan naik..
    salah satu caranya untuk membatasi asupan gulanya dengan mengganti susunya ke susu yang tanpa gula tambahan,seperti anmum essential..
    selamat mencoba :)

    BalasHapus
  13. mungkin kalau buah cermai ini belum bisa buat balita ya..? karena rasanya agak asam..
    aku sih biasanya kasi anak buah seperti pisang,pepaya..soalnya rasanya agak manis..jadi anak suka..
    tapi kalau susu yg rasanya manis bgt kok malah dia gak suka ya..? apa karena terlalu manis jadi eneg ya..?
    akhirnya aku skrg kasi dia susu yg tanpa gula tambahan deh biar jadi doyan minum susu lagi..

    BalasHapus
  14. wahh banyak juga yah khasiat buah cermai..mulai dari sembelit sampe asma... kalau buat anak yang obesitas boleh ga menkonsumsi buah cermai??

    BalasHapus
  15. thx's ya artikelnya, nambah pengetahuan saya nih..kalau untuk anak yang obesitas mungkin buah cermai belum dianjurkan kali yah bun karena rasanya yang asam..kalau saran aku untuk anak yang obesitas itu yang harus dibenahi pertama kali adalah pola makannya, lalu setelah itu mengganti susu formulanya dengan yang no added sugar

    BalasHapus
  16. wah baru tahu ternyata bisa untuk melangsingkan tubuhkan, aku sampai bingung karena setiap hari menyapu daunnya yg gampang gugur.

    BalasHapus