Daun Saga dan Khasiatnya

Saga pohon (Adenanthera pavonina) adalah pohon yang buahnya menyerupai petai (tipe polong). Mulanya tanaman ini berasal dari Asia Selatan, namun kini telah menyebar ke berbagai penjuru. Ia sering ditemui di daerah pantai dan biasa digunakan sebagai pohon peneduh di jalan-jalan besar. Seperti kebanyak anggota suku polong-polongan, daunnya menyirip ganda sedang bijinya kecil berwarna merah — itu sebabnya ada pepatah yang berbunyi “matanya merah seperti biji saga”. Biji saga mengandung asam lemak sehingga dapat menjadi sumber energi alternatif (biodiesel).

Yang paling berkhasiat dari pohon saga adalah daunnya. Selain dapat langsung dikonsumsi, daun saga mengandung alkaloid yang manjur untuk menyembuhkan penyakit rematik.

Beriku ini beberapa contoh penggunaan daun saga untuk kesehatan tubuh:

Mengobati jantung berdebar dan keringat dingin. Caranya, ambil 8 gram daun saga manis dan 10 gram daun sembung. Tambahkan 5 gram kencur lalu rebus dengan 400 ml air. Minum ramuannya.
Mengobati tekanan darah tinggi. Caranya, ambil daun saga manis, daun kaki kuda, daun selamagi, buah waluh putih, dan daun kejibaling. Rebus dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Saring lalu minum airnya.
Mengobati batuk kering. Caranya, ambil daun saga manis, buah pace yang mateng, dan daun po’o. Tumbuk halus lalu rebus dengan 4 gelas air. Saring dan minum airnya.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Daun Saga dan Khasiatnya"

  1. terima kasih infonya
    salam sukses
    http://gunung-air.com/

    BalasHapus