Home » , , » Khasiat Rempah-rempah Sebagai Obat

Khasiat Rempah-rempah Sebagai Obat

Written By Wike Furyandi on Rabu, 12 September 2012 | 10.43

Rempah-rempah biasanya dijadikan bahan penyedap masakan. Jahe, kapulaga, ataupun kayu manis menjadi bahan campuran yang biasa ada dalam masakan Indonesia. Tapi ternyata, rempah-rempah tersebut punya khasiat tersendiri.

Para ibu-ibu mungkin sudah terbiasa mendengar nama rempah-rempah berikut. Mereka sering ada di dalam tempat bumbu di dapur Anda, termasuk dalam hidangan Lebaran Anda.

Di balik kegunaannya sebagai penyedap masakan, ternyata rempah-rempah juga mengandung manfaat bagi kita, berikut Joybaure melansirnya.

Lada Hitam

Lada/merica hitam biasa ada di rak bumbu anda. Anda mungkin berpikir lada sebagai setengah lainnya dari garam. Jika Anda memiliki atau berisiko untuk tekanan darah tinggi dan perlu membatasi asupan sodium Anda. Untuk mendapatkan rasa terbaik, Anda bisa mengganti garam dengan merica.

Jinten

Jinten merupakan rempah-rempah yang dapat ditemukan dalam bentuk biji utuh atau ada yang ditumbuk. Jinten populer di India dan Timur Tengah untuk memasak. Seperti rempah-rempah lain, jinten menambahkan banyak rasa untuk masakan tanpa menambahkan natrium, kalori, dan lemak.

Jahe


Jahe menjadi bumbu yang telah terbukti memiliki efek anti-inflamasi dalam tubuh, yang dapat membantu mencegah arthritis. Beberapa studi juga telah menunjukkan jahe untuk menjadi solusi efektif untuk mual. Jahe segar umumnya digunakan dalam masakan Asia dan makanan yang dipanggang.

Bawang putih bubuk


Meskipun tidak memiliki rasa yang sama persis seperti bawang putih, bubuk bawang putih berasal dari siung bawang putih yang dikeringkan. Seperti rempah-rempah lainnya, bubuk bawang putih menjadi pengganti yang baik untuk garam saat menambahkan rasa pada makanan. Pastikan untuk tidak tertukar dengan garam bawang putih, yang tinggi sodium dan dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi.

Mint



Mint adalah herbal yang punya banyak varietas (misalnya, peppermint, spearmint) dan paling baik digunakan dalam bentuk segar. Daun mint sering ditambahkan ke minuman, di Timur Tengah digunakan sebagai hiasan untuk makanan penutup. Menambahkan daun mint segar untuk es teh tawar atau air menjadi cara yang hebat untuk membuat minuman lezat menyegarkan tanpa kalori atau gula. Mint juga berguna menghangatkan perut.


2 komentar:

  1. ini yang harus kita budayakan dan lestarikan..

    BalasHapus
  2. memang rempah-rempah merupakan warisan nenek moyang, yang terus harus kita jaga dan lestaraikan.. setuju ?

    BalasHapus